AniManga

Berapa Sih Gaji Animator? Animator Studio Animasi Xebec Ini Membagikan Detil Gaji Bulanan Miliknya

Pernah Mempunyai Impian Untuk Menjadi Seorang Animator? Yuk Kita Lihat Berapa Penghasilan Yang Mereka Dapat Berdasarkan Info Dari Seorang Animator Yang Bekerja di Studio Xebec Berikut


Pastinya anda sudah tau kalau dalam pembuatan sebuah anime, para staff produksi setidaknya menghabiskan budget hingga milyaran rupiah untuk membuat 1 episode anime berdurasi 24 menit. Banyak hal yang harus ditanggung dalam pembuatan anime, seperti penanganan suara, yang mencangkup sound effect, pengisi suara, BGM, dll, pengaturan schedule pembuatan anime, penentuan naskah, skenario, dll dan penanganan animasi. Dan untuk penanganan animasi, tentunya dikerjakan oleh animator. Lalu, apa saja yang dikerjakan oleh seorang animator dan berapa penghasilan yang mereka dapatkan?

gaji animator

Untuk sebuah pekerjaan yang berat, animator tidak mendapatkan gaji yang sebanding dengan pekerjaan yang mereka lakukan.

Sudah dapat diketahui dari namanya bahwa animator adalah orang yang bekerja pada pembuatan animasi. Diantara mereka, ada yang bekerja dengan cara tradisional, dimana mereka menggunakan kertas-pensil untuk bekerja dan ada pula yang bekerja dengan menggunakan CG (Computer Graphic), sebuah sebutan untuk seni/art yang dibuat dengan bantuan komputer. Karena saya tidak akan membahas pekerjaaan animator lebih lanjut, anda dapat mencari info lebih seputar animator di mbah google, atau paling tidak cobalah menonton Shirobako, sebuah anime tentang pembuatan anime.

Dan untuk mengetahui berapa penghasilan animator, sebuah gambar paystub (semacam bukti pembaran) resmi telah diposting oleh animator yang mengaku sebagai karyawan dengan kontrak 3 bulan yang bekerja untuk studio Xebec, sebuah studio animasi yang dikenal dalam pekerjaanya menganimasikan To Love Ru (series), Haiyore! Nyaruko-san, Love Hina, dan masih banyak anime lainnya.

studio xebec

Diungkapkan gaji bulanan yang didapatkannya agak suram dari ¥ 131.330 atau kurang lebih sekitar 15 jt-an. Menurut karyawan, ketentuan untuk kontak nya termasuk gaji pokok 130.000 yen, plus bonus ¥ 5.300 untuk menutupi biaya transport. Dan ¥ 3.970 untuk pembayaran pajak.

Jam kerja aktual yang ditetapkan adalah “sebanyak yang anda bisa dalam 24 jam.” Dia diminta untuk menyerahkan timecard yang ditulis dengan tangan di akhir waktu untuk mendata seberaba lama dia bekerja setiap bulannya.

Nilai ini dikatakan lebih banyak dibandingkan studio animasi lainnya yang rata-rata hanya membayar 1,100,000 yen per tahun atau sekitar 92 rb yen per bulannya. Untuk tugas yang terbilang cukup berat, dimana kebanyakan animator bekerja 11 jam per hari, dan hanya mendapatkan hari libur paling tidak 4 hari atau bahkan lebih sedikit dalam sebulan, yang sudah termasuk akhir pekan. Apakah anda masih tertarik untuk menjadi seorang animator?

dakimakura-ema-menuai-kontroversi

Me? probably not

Sumber: ANN