J-Pop Culture

Biaya Pembuatan Anime? “Orang Dalam” Industri Pembuatan Anime ini Ungkap Biaya Pembuatan 1 Musim Anime

Biaya Pembuatan Anime? “Orang Dalam” Industri Pembuatan Anime ini Ungkap Biaya Pembuatan 1 Musim Anime, Seperti yang kita tahu, dalam pembuatan anime tidak dapat dikerjakan oleh seorang diri layaknya membuat Manga, pembuatan Anime melibatkan puluhan orang dalam pembuatan anime, mulai dari staff produksi, studio suara, animator, CG dan staff staff lainnya, seperti yang diperkenalkan di Anime Shirobako

shirobako pembuatan anime 2

Meskipun jauh dari anggaran pembuatan Film skala besar seperti Hollywood, Industri anime adalah sebuah bidang yang padat kerja dan biaya. Seperti usaha hiburan lainnya, setiap produksi anime harus memastikan bahwa anggaran sesuai laba yang diharapkan.

hollywood

Menurut Masamune Sakaki, pencipta CG di industri anime, sebuah Anime dengan 13-episode (1 musim) dapat menghabiskan biaya rata rata  yang harus dikeluarkan sekitar ¥ 250.000.000 (sekitar 25 Milyar rupiah). Dia juga menjelaskan bahwa kebanyakan anime tidak bisa menutup biaya ini

shirobako pembuatan anime

Dalam sebuah Interview Juli lalu, Takayuki Nagatani, produser anime Shirobako, mengklaim bahwa Anime yang ditayangkan selama 24 Episode tersebut menghabiskan biaya ¥ 500.000.000 (sekitar 50 Milyar rupiah) . Dalam rangka untuk membuat Seri laku, ia harus “beriklan, merencanakan acara, dan membuat barang dagangan.

Shinji Takamatsu, seorang animator veteran, berpendapat bahwa pembuatan 1 Musim anime bisa menghabiskan biaya sebanyak 150-200 Juta Yen. “Mengharapkan mendapatkan keuntungan dari penjualan DVD/Blu-ray adalah sebuah cara yang putus asa, namun itulah yang dilakukan kebanyakan anime yang ditayangkan larut malam” tulisnya.

Jika ini terdengar hal yang mengejutkan, perlu diingat bahwa penghasilan mereka sebanding dengan sebagian besar acara kabel di Amerika. Walaupun animator bekerja keras, rata gaji adalah hanyalah $ 27.689 setahun.

ema kawai

Ema si Animator (Shirobako)

Dan setelah membaca hal ini, Masihkah anda berfikir pembuatan Anime murah?

Sumber:  Yaraon!