J-Pop Culture

Creator Manga “Monster Musume” Berkunjung ke Comiket 89 Untuk Membeli Doujin Manganya Sendiri

Masih Tidak Puas Dengan FanService Karya-nya Sendiri, Kini Pengarang Manga Monster Musume Berkunjung ke Comiket 89 Untuk Melihat Doujin Doujin Yang Terinspirasi Dari Manga Buatannya


Walaupun saat ini jepang tengah dilanda kekhawatiran bahwa pembuatan doujin berdasarkan karya manga populer dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta, yang dimana dikhawatirkan jika hukum tersebut disahkan akan membawa penurunan produktifitas dunia manga. Para creator/manga artist sendiri mendukung kebebasan dalam dunia doujin, karena sebelumnya telah dikatakan bahwa kebanyakan mangaka professional memulai pekerjaanya sebagai penulis indie/amatir dengan membuat doujin.

Tak ketinggalan dengan OKAYADO, pengarang dari manga “Monster Musume no Iru Nichijou“. Dia mengatakan bahwa ia telah berkunjung ke Comiket sejak masih anak SMA, meskipun sekarang ia berkunjung ke Comiket untuk alasan yang berbeda: Melihat manganya dijadikan sebagai bahan doujin.

Dalam serangkaian tweets yang telah diposting pada tanggal 30 Desember kemarin, ia mengungkapkan bahwa ia mengunjungi Comiket dengan melakukan penyamaran dan keluar dengan membawa sejumlah doujin Monster Musume, yang merupakan manga yang dikarangnya.

Dia mengklaim bahwa ini adalah sesuatu yang selalu ingin dia lakukan dan menyatakan itu “sangat memuaskan.” (mungkin karena dia merasa puas dengan manga yang dikarangnya dibuatkan doujin, karena pada umumnya hanya manga/anime populer sajalah yang dibuatkan doujin, sebab kemungkinan nilai jualnya akan lebih tinggi dibandingkan dengan doujin yang dibuat dengan cerita yang benar benar orisinil dan manga yang dibuatkan doujin juga merupakan salah satu bentuk apresiasi dari pembuat doujin terhadap pengarangnya)

Berbicara tentang Monster Musume, berikut beberapa cosplayer yang bercosplay dalam kostum Miia dan Papi yang over-cute >.< beserta kiriman fans berupa doujin yang diduga merupakan ero-doujin

Sumber: ANN