AniManga

Kehabisan Budget? Art Dari Episode Terbaru Serial Anime “Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!” Terlihat Begitu Luntur

Dilihat Dari Episode Minggu Ini, Sepertinya Studio DEEN Sedang Berada Dalam Titik Penghabisan Untuk Mengerjakan KonoSuba


Bagi anda yang mengikuti serial anime TV KonoSuba sejak pertama seri ini tayang Januari kemarin, pastinya anda merasakan rasa senang karena akhirnya dapat melihat anime dengan protagonist yang tak sok alim, jual mahal, dan terlalu baik kepada wanita seperti beberapa anime tertentu di musim-musim sebelumnya.

Namun bersamaan dengan cerita dan art yang dapat terbilang memuaskan (insting saya memberi nilai 9/10 untuk story & art) dan termasuk kedalam kategori menarik, sepertinya para staff saat ini sedang mati-matian untuk mengusahakan anime tetap airing, kenapa?

Sebagai permulaan, silahkan perhatikan gambar berikut:

kualitas art anime KonoSuba menurun

-Dat face-
Peletakan bola mata, bentuk kepala, dan eagle dirasa tidak begitu pas.

Gambar diatas diambil dari episode ke-7 serial anime ini, dimana pada episode ini Satou Kazuma dan party-nya memutuskan untuk mengambil quest berburu peri salju untuk menebus utang sebesar sebesar 40 juta karena kedahsyatan kekuatan Aqua-sama.

Seperti yang anda tahu, sebelum episode ini dimulai, episode sebelum-nya adalah episode yang melibatkan pertarungan antara seluruh warga kota petualang bertarung melawan Dullahan, salah satu pemimpin pasukan raja iblis. Dalam dunia produksi anime, membuat sebuah anime dengan genre action disebut sebut sebagai pekerjaan/project yang paling membutuhkan dana besar dibandingkan genre lainnya, karena banyaknya frame yang harus dibuat, sound effect, dan CG yang dibutuhkan lebih banyak dari biaya produksi anime bertema sekolahan yang terkesan lebih damai, baik didalam sudut pandang penonton maupun staff.

konosuba

Disanalah saya menarik kesimpulan, mulai episode 6, staff staff dari Studio DEEN mulai kehabisan budget untuk pengerjaan anime (yang mungkin dari awal sudah dipaksakan).

Walaupun para staff memang terlihat begitu semangat saat anime baru airing, sedikit demi sedikit kualitas art KonoSuba mulai berkurang, dan puncaknya terjadi minggu ini. Berikut adalah beberapa screenshoot yang diambil dari episode terbaru KonoSuba:

oploverz_-_KSSW_09_[HADE][48E7E3BF].mkv_snapshot_01.38_[2016.03.10_12.05.55]

Letak fail yang sangat mencolok dari gambar ini adalah Aqua yang terlihat seperti ibu ibu yang baru saja melahirkan. Yup! walaupun Aqua merupakan seorang dewi yang sedikit airhead, namun dalam segi penampilan dia terlihat begitu sempurna, terutama kebiasaan fashion-nya yang biasa menggunakan pantsu jenis g-string.

Walaupun tidak terlalu mencolok, gambar kazuma dalam gambar diatas juga terlihat fail, dimana dalam seri-nya, Kazuma digambarkan sebagai remaja yang memiki tubuh biasa biasa saja (bahkan terkesan berpostur kecil), namun dalam gambar diatas, dia sepertinya sedikit berevolusi dengan memperlihatkan punggung & tubuh yang lebih besar daripada biasanya.

kualitas art anime KonoSuba menurun 2

Walaupun terlihat epic, sepertinya KonoSuba telah menambahkan “Ahegao” kedalam daftar genrenya

oploverz_-_KSSW_09_[HADE][48E7E3BF].mkv_snapshot_19.46_[2016.03.10_12.01.02]

Sedikit melompat kedepan, ini adalah scene dimana Kazuma melindungi seorang succubus untuk menutupi rasa bersalahnya karena telah meminta Darkness untuk melakukan hal hal yang hanya dapat anda temui di ero-doujin saja. Sekali lagi, yang membuat saya gregetan adalah postur tubuh dan wajah Kazuma yang tidak seperti biasanya.

The Biggest Mistake is….BRA!!!

oploverz_-_KSSW_09_[HADE][48E7E3BF].mkv_snapshot_11.30_[2016.03.10_11.51.34]

Di beberapa scene, sepertinya para animator lupa untuk mengenakan bra kepada Darkness! Karena hal ini, sepertinya saya baru saja kehilangan poin untuk menjadikan Darkness kedalam salah satu daftar waifu saya karena mengalami dia telah menjadi seorang mommy yang kehilangan kelenturan aset berharga miliknya .

Without bra, Darkness really look as My Mom

Well, saya sendiri tidak tahu persis keadaan keuangan Studio Deen saat ini, namun dari scene scene fail diatas tentunya sedikit mengecewakan para fans. Menurut anda, siapa yang menyebabkan kesalahan diatas? Sutradara yang tidak bisa mengarahkan bawahannya? Animator yang tidur saat mengerjakan frame? Budget yang hampir habis? Atau mungkin karena banyaknya penggemar anime di solidfiles & tusfiles (termasuk saya juga sih)?

Oh iya, minggu depan KonoSuba juga menyajikan episode pertarungan melawan benteng berjalan, “Destroyer“. Mungkin para staff memilih untuk menurunkan sedikit kualitas episode ini agar dapat memiliki anggaran yang cukup untuk mengerjakan episode minggu depan. Jika saya diminta menjadi staff, saya akan berfikiran “Untuk sementara kita turunkan kualitas episode fanservice ini, agar nantinya kualitas yang lebih baik dalam bentuk BD laris manis”. Jika anda adalah tipe mata duitan seperti saya, mungkin itulah pemikiran terlogis yang dapat terpikirkan.

oploverz_-_KSSW_09_[HADE][48E7E3BF].mkv_snapshot_23.36_[2016.03.10_22.03.40]

[Updated]

Karena banyak kontroversi terhadap artikel ini, kita anggap saja Studio DEEN melakukan ini dengan sengaja untuk membuat kesan yang berbeda.