1. Selamat Datang, Guest!

    KOI (Komunitas Otaku Indonesia) Adalah Sebuah Situs Kecil Yang Beranggotakan Para Pecinta Anime, Manga, Dan Segala Hal Yang Berhubungan Dengan J-Pop Culture.

Apa itu Shoujo dan Shounen? (Dalam Manga!)

Diskusi di 'Manga' dimulai oleh Krisna, Dec 28, 2015.

  1. Krisna

    Krisna Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 25, 2015
    Messages:
    70
    Like Diterima:
    0
    Malam Minna-san sekalian!

    Saya mau nanya nih, tentang perbedaan dan arti istilah manga Shoujo dan manga Shounen.

    Selain di Manga, sepertinya saya tak jarang melihat ada anime yang memiliki genre "Shoujo" atau "Shounen", sebenarnya apa sih definisi arti dari kedua istilah tersebut?
     
    Loading...
  2. Zarathustra

    Zarathustra Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 26, 2015
    Messages:
    207
    Like Diterima:
    9
    Kalau arti literal kalo gak salah shoujo ntu cewek kalo shounen ntu cowok kan ?
    Kalau sebagai genre sebuah anime/manga, mungkin lebih ke gaya animanga itu sendiri dan target audience nya
    shounen ditujukan buat lelaki sedangkan shoujo ditujukan buat wanita
     
    • Like Like x 1
  3. Fina

    Fina Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 26, 2015
    Messages:
    37
    Like Diterima:
    4
    Simple aja
    Shounen: Cowok remaja
    Shoujo: Cewek

    Jadi Shounen Manga itu adalah manga yang ditujukan kepada audience/pembaca cowok yang masih remaja, mereka menargetkan shounen manga kepada cowok anak SMP-SMA. Sedangkan Shoujo manga itu sebaliknya, Shoujo manga adalah manga yang ditargetkan pada pembaca perempuan
     
  4. Asuka

    Asuka Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    64
    Like Diterima:
    0
    Setuju sama mas @Zarathustra

    Shounen Manga: Manga yang ditujukan untuk pembaca laki laki, terutama laki laki remaja kisaran SMP-SMA
    Shoujo Manga: Manga yang ditujukan untuk pembaca perempuan.

    Sama juga dengan anime, Anime shounen adalah anime yang cocok untuk ditonton oleh para laki laki remaja. Sedangkan anime shoujo adalah anime yang cocok untuk ditonton oleh perempuan.

    Perbedaan Manga Shoujo dan Shounen:
    Manga Shounen:
    -Biasanya adalah manga manga dengan kisah action. Walaupun tak jarang manga tersebut bergenre Romance, seperti halnya Nisekoi, yang disukai baik itu laki-laki ataupun perempuan
    -Memiliki protagonist dengan sudut pandang laki laki
    -Antara ke-gantengan dan kecantikan karakter cowok dengan cewe setara.

    Manga Shoujo:
    -Selalu bergenre Romance
    -Memiliki protagonist dengan sudut pandang perempuan
    -Dalam manga shoujo, karakter laki laki selalu terlihat sangat tampan, sedangkan si cewe biasa biasa saja.

    Dan masih ada beberapa perbedaan yang tidak dapat saya uraikan dalam kata kata
     
  5. Otaku Mania

    Otaku Mania Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    107
    Like Diterima:
    2
    Shounen manga (少年漫画?) atau shōnen (少年?, diucapkan shounen) adalah sebutan untuk ragam manga atau anime khusus bagi remaja lelaki. Manga atau anime yang beragam shōnen biasanya berseri dan memiliki penggemar yang cukup banyak.

    Shoujo manga (少女漫画 shōjo manga?) adalah komik/manga yang ditujukan untuk pembaca perempuan remaja antara usia 10 hingga 18 tahun

    Selain Shounen dan Shoujo manga, masih banyak istilah genre didalam dunia anime. Sebagai contoh Seinen manga, manga yang ditargetkan kepada pembaca laki laki dewasa. Dan Josei Manga, adalah manga yang ditargetkan kepada pembaca perempuan dewasa.

    Setidaknya itulah pembagian anime dan manga berdasarkan pembagian gender dan usia
     
  6. Boku

    Boku Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    52
    Like Diterima:
    0
    Shounen Manga: Manga yang ditargetkan kepada pembaca laki laki remaja
    Contoh: One Piece, Naruto, Toriko, Nisekoi, Shokugeki no Souma, dan dll

    Shoujo Manga: Manga yang ditargetkan kepada pembaca perempuan remaja
    Contoh: Kimi ni Todoke, Ao Haru Ride, Kamisama Hajimemashita, dll

    Selain genre Shounen dan Shoujo, masih ada banyak genre didalam anime lainnya, seperti Seinen , Josei , Hentai , Ecchi , Jidaigeki , Mecha , Bishoujo , Bishonen , Shoujo Ai / Yuri , Shonen Ai / Yaoi , Harem, dan Doujinshi

    Seinen: Manga/Anime yang ditargetkan kepada pembaca laki laki dewasa
    Josei: Manga/Anime yang ditargetkan kepada perempuan dewasa
    Hentai: Manga/Anime yang ada Ero (s*ks) Scene nya
    Ecchi: Manga/Anime yang memperlihatkan bagian bagian sexy seorang perempuan, seperti payudara, celana dalam, pakian dalam, dan yang bikin nosebleed deh. Ecchi tidak seperti Hentai yang blak blakan, Ecchi tidak akan memperlihatkan p*nis ataupun vag*na, walaupun ada anime ecchi tertentu yang ada adegan s*ks nya.
    Jidaigeki: Manga/Anime yang memperlihatkan cerita cerita sejarah
    Mecha: Manga/Anime tentang robot, kebanyakan anime mecha ada hubungannya dengan Gundam
    Bishoujo: Manga/Anime yang memperlihatkan wanita wanita cantik
    Bishounen: Manga/Anime yang memperlihatkan pria pria tampan
    Shoujo Ai: Manga/Anime tentang hubungan asmara sesama cewe atau lesbian
    Shounen AI: Manga/Anime tentang hubungan asmara sesama cowo atau homoan
    Harem: Manga/Anime dimana karakter utama dikelilingi oleh gadis gadis cantik
    Doujinshi: Manga/Majalah/Novel amatir
     
Verifikasi:
Verifikasi reCAPTCHA sedang dimuat. Tolong refresh halaman ini jika CAPTHA tidak dimuat
Draft saved Draft deleted
×
beli pulsa online dengan harga murah