1. Selamat Datang, Guest!

    KOI (Komunitas Otaku Indonesia) Adalah Sebuah Situs Kecil Yang Beranggotakan Para Pecinta Anime, Manga, Dan Segala Hal Yang Berhubungan Dengan J-Pop Culture.

Biaya Produksi Pembuatan Anime Per Episode

Diskusi di 'Anime' dimulai oleh Krisna, Dec 26, 2015.

  1. Krisna

    Krisna Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 25, 2015
    Messages:
    70
    Like Diterima:
    0
    Konichiwa Minna-san!
    Saya mau nanya nih, disini ada yang tau gak berapa biaya pembuatan anime per episodenya?

    Soalnya saya pernah denger kalau pembuatan anime per menitnya saja sudah mencapai ratusan juta, apakah itu benar atau tidak sih?

    Bahkan ada beberapa studio yang sampai bangkrut karena penjualan DVD/Blu-raynya tidak laku, terlebih lagi anime yang mereka buat dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (seperti kita yang download secara gratis) .

    Apakah benar kalau dalam pembuatan anime itu menghabiskan biaya ratusan sampai milyaran rupiah gan? trus apa saja yang membuat produksi pembuatan anime itu mahal? kalau bisa saya minta detail dari apa saja yang mengarenakan pembuatan anime itu mahal.

    Mohon Pencerahannya :)
     
    Loading...
  2. Fina

    Fina Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 26, 2015
    Messages:
    37
    Like Diterima:
    4
    Kalau gak salah, biaya pembuatan anime per episodenya menghabiskan 11 juta yen/episode atau kurang lebih Rp 1,32 milyar/episode.

    Atau 15,84 milyar untuk 12 Episode / 1 Seasons
     
  3. Asuka

    Asuka Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    64
    Like Diterima:
    0
    Coba baca disini gan: crunchyroll.com/anime-news/2011/10/30-1/how-much-does-one-episode-of-anime-cost-to-make
    Secara mendetail mereka sudah menguraikan biaya pembuatan anime per episodenya.

    Jika tidak mengerti bahasa inggris, berikut saya copy-kan detail biaya pembuatan anime per episodenya yang saya dapatkan dari j-cul.com/cara-pembuatan-anime-dan-biayanya/

    Proses Pembuatan Anime Dari Awal Sampai Finishing
    1.Planning (Perencanaan)
    Saat memulai proses pembuatan animasi, perencanaan menjadi unsur penting. Bentuk animasi seperti apa

    2.Scenario (Skenario)

    Setelah perencanaan matang dibuat, maka selanjutnya membuat scenario. Dari sini cerita dibuat dan dikembangkan . Detail karakter juga dijelaskan.

    3.Storyboard (Papan Cerita)

    Skenario adalah bentuk cerita tertulis sehingga perlu divisualisasikan dalam bentuk gambar, agar tim produksi mengerti sepenuhnya detail cerita dan karakter yang akan dibuat. Disinilah peran storyboard diperlukan. Dalam storyboard ini dijelaskan bagaimana karakter tersebut bergerak dalam setiap adegan. Lalu diperhitungkan pula sudut penempatan kamera , cahaya, bayangan, dan manajemen waktu. Story board harus selesai sepenuhnya, karena menjadi dasar dalam rapat antara bagian produksi dan bagian gambar.

    4.Drawing (Menggambar)

    Tahap ini biasanya terbagi menjadi tiga bagian yaitu pembuatan layout, keyframe (gambar-gambar kunci) dan animasi in-between. Dalam proses layout , orang yang bertanggung jawab membuatnya akan banyak memikirkan bagaimana alur gerakan karakter dalam setiap adegan atau detail latar dan masih banyak hal yang lain terkait proses perfilman .

    Setelah itu , mulai dibuatlah gambar gambar keyframe. Orang yang bertanggung jawab dalam tahap ini harus menentukan pada titik-titik mana saja pergerakan karakter terjadi.

    Proses ini kemudian dilanjutkan dengan gambar in-between yang mengisi gambar kunci tersebut. Hasilnya, gambar itu sepenuhnya bergerak.

    5.Mewarnai

    Dulu proses pewarnaan menggunakan cat dan kuas di atas sel-sel yang disiapkan. Tapi sekarang, karena gambar di scan dalam computer , pewarnaan bisa dilakukan dengan cara digital. Pewarnaan ini penting untuk memberikan nuansa dan efek pada animasi tersebut.

    6.Filmnisasi

    Tahap ini menyatukan dan merekam seluruh gambar yang sudah disiapkan. Pada proses ini gambar-gambar itu bergerak dan ditambahkan visual efek jika diperlukan. Dulu, animasi tercipta dari hasil memotret frame satu ke frame yang lain. Tapi sekarang sudah menggunakan komputer. Tahap selanjutnya setelah animasi itu menjadi film utuh adalah pengisian suara . Pengisian suara untuk setiap karakternya mulai dimasukkan. Begitu juga efek suara yang lain.

    Detail Budget Yang Dihabiskan Dalam Pembuatan Anime

    Biaya produksi anime adalah 11 juta yen/episode atau kurang lebih Rp 1,32 milyar/episode dan untuk 1 season – 12 episode menghabiskan biaya Rp 15,84 milyar. Biaya produksi ini terdiri dari :

    Pekerjaan Orisinil (Original Work) – 50,000 yen ($660) – Rp 6 jt
    Naskah – 200,000 yen ($2,640) – Rp 24 jt
    Staff Direksi– 500,000 yen ($6,600) – Rp 60 jt
    Produksi – 2 million yen ($26,402) – Rp 240 jt
    Animation Supervision – 250,000 yen ($3,300) – Rp 30 jt
    Original Art – 1.5 million yen ($19,801) – Rp 180 jt
    Animasi – 1.1 million yen ($14,521) – Rp 132 jt
    Post-production – 1.2 million yen ($15,841) – Rp 144 jt
    Art (backgrounds) – 1.2 million yen ($15,841) – Rp 144 jt
    Photography – 700,000 yen ($9,240) – Rp 84 jt
    Sound – 1.2 million yen ($15,841) – Rp 144 jt
    Materials – 400,000 yen ($5,280) – Rp 48 jt
    Editing – 200,000 yen ($2,640) – Rp 24 jt
    Printing – 500,000 yen ($6,600) – Rp 60 jt

    Satu episode anime rata-rata terdiri dari 24 menit atau sekitar 37.500 frames. Jika biaya produksi anime adalah Rp 1,3 Milyar/episode, maka biaya produksi anime per menit adalah Rp 52,8 juta/menit atau Rp 35.200 per frame.

    Berikut Ini adalah daftar biaya produksi anime yang pernah dibuat:
    1962 – Astroboy: Rp 252 juta/eps
    1982 – Macross: Rp 660 juta/eps
    1995 – Evangelion: Rp 750 juta/eps
    2000 – ZOIDS: Rp 1,09 milyar/eps
    2002 – Gundam SEED: Rp 3 milyar/eps
    2004 – Gimdam SEED Destiny: 3,96 milyar/eps
    2007 – Gurenn Lagann: Rp 1,3 milyar/eps
    Mari kita bandingkan dengan biaya produksi animasi barat:
    1987 – Ducktales: Rp 5,2 milyar/eps
    1999 – Spongebob Squarepants: Rp 6,7 milyar/eps
    1999 – Futurama: Rp 12 milyar/eps
    2005 – Avatar: The last airbender: Rp 13,2 milyar/eps

    Sumber & Thanks to: J-cul - http://j-cul.com/cara-pembuatan-anime-dan-biayanya/
    (Saya sendiri tidak tahu pasti berapa biaya pembuatan anime, namun di situs tersebut, admin website tersebut telah menguraikan secara mendetail berapa biaya pembuatan anime. Dan bahasa yang digunakan cukup meyakinkan)
     

    Attached Files:

  4. Boku

    Boku Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    52
    Like Diterima:
    0
    Saya sarankan tonton anime Shirobako gan! Shirobako adalah sebuah anime yang mengisahkan tentang kehidupan didalam dunia produksi anime. Disana agan akan mengenal sebagaimana ribet, puyeng, dan stressnya para staff membuat 1 episode anime :v .

    seperti yang disebutkan mas @Asuka diatas, biaya produksi anime itu tidak murah, dan sangat sulit. Selain SDM (Sumber Daya Manusia), banyak bahan bahan lainnya yang diperlukan dalam produksi anime, seperti Komputer (Spek komputer harus komputer yang berspesifikasi tinggi, yang cocok untuk multimedia), Software (Software/Aplikasi yang digunakan dalam melakukan pengeditan juga bukan merupakan software biasa, mereka membeli software software khusus beserta add-ons pendukung dengan harga yang tentunya tidak murah), Bangunan (tentu saja, untuk menampung pekerja kita harus memiliki sebuah bangunan), Alat Alat Pendukung (Tinta, Kuas, Pensil, Penghapus, Lampu, Listrik di direksi animator. Mic, Speaker, Perekam Suara, di direksi Suara. dan masih banyak lainnya).

    Saya yakin ini masih belum mencangkup semua hal dan masih banyak biaya yang belum kita ketahui (kaum awam) tentang produksi anime. Sebagai contoh, dalam daftar diatas, tidak disebutkan

    • Berapa biaya yang mereka keluarkan untuk membuat anime yang mereka buat agar ditayangkan di Stasiun TV?
    • Berapa banyak biaya yang mereka keluarkan dalam mempromosikan anime mereka?
    • Darimana mereka mendapatkan keuntungan dari pembuatan anime?

    Mengingat kita hanyalah kaum awam yang tidak mengetahui apa apa terkait produksi anime, masih banyak hal yang tidak kita ketahui.
     
  5. Otaku Mania

    Otaku Mania Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    107
    Like Diterima:
    2
    Di Indonesia harga per episode sekitar Rp 40-80jt, tapi ya hasilnya masih belum bisa "ngejar". Di malaysia minimal Rp 150jt/ episode.
    Untuk produksi animasi 3d yg termasuk "serius", harga komputernya minimal 30 jt (boxxtech.com/products/workstations/apexx-workstations); harga software (1 PC = 1 software) sekitar 40jt; kursus animasi online di animationmentor per class sekitar 20jt; SDM yang dibutuhkan sekitar 20-30 orang; ditambah yang paling penting adalah nilai skill keahlian SDM.
     
  6. Otaku Mania

    Otaku Mania Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    107
    Like Diterima:
    2
    Produksi anime itu tidaklah mudah, banyak hal yang harus dihadapi para staff untuk membuat anime yang mereka buat menghasilkan kualitas yang baik. Sebagai contoh, halangan yang sering kali dihadapi para staff animasi adalah kejar kejaran waktu jam tayang anime (Di anime Shirobako dijelaskan). Mereka selalu menghadapi suatu masalah yang tak tak terduga dan tak pernah mereka merasakan yang namanya "Pekerjaan Yang Mulus & Lancar"
     
  7. Fina

    Fina Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 26, 2015
    Messages:
    37
    Like Diterima:
    4
    Kita kesampingkan anime anime yang memiliki kualitas rendah (Hentong). Anime anime dengan art/grafis yang Over seperti Fate/Stay Night Unlimited Blade Works, God Eater, Tokyo Ghoul, dan sebangsanya tanpa ditanyapun pasti memiliki kesulitan yang jauh lebih sulit daripada anime pada umumnya.

    Dilihat dari pandangan orang awam, Anime Action membutuhkan lebih banyak biaya dibandingkan anime anime yang dipenuhi dengan kedamaian (romance, school, comedy). Bayangkan, para staff harus membuat frame frame yang banyak untuk membuat kualitas grafis anime menjadi lebih baik, terutama ketika adegan pertempuran dimulai, bayangkan berapa banyak gerakan gerakan yang harus mereka buat untuk membuat anime yang biasa kita tonton memiliki adegan adegan action yang enak dipandang mata.
     
  8. Asuka

    Asuka Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    64
    Like Diterima:
    0
    God Eater, Fate/Stay Night Unlimited Blade Works = Anime High Budget :v
     
  9. Zarathustra

    Zarathustra Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 26, 2015
    Messages:
    207
    Like Diterima:
    9
    Khusus fate ini

    UNLIMITED BUDGET WORKS !!!!!!!!!!!

    maafkan saya archer-sama
     
  10. Fina

    Fina Anime Lover - KOI Newbie

    Joined:
    Dec 26, 2015
    Messages:
    37
    Like Diterima:
    4
    Dengan Art/Grafis yang begitu menyeramkan :v Fate/Stay Night Unlimited Blade Works adalah anime yang menghabiskan budget terbesar tahun ini :ngakak: sama seperti namanya, Unlimited
     
Verifikasi:
Verifikasi reCAPTCHA sedang dimuat. Tolong refresh halaman ini jika CAPTHA tidak dimuat
Draft saved Draft deleted
×
beli pulsa online dengan harga murah