AniManga

Mangaka Yang Satu Ini Tunjukan Bagaimana Ia Bekerja Dengan Software Yang Menyerupai Paint SAI Tool

Ingin Belajar Membuat Manga? Mangaka Pengarang Manga Zekkyou Gakkyuu Ini Tunjukan Cara Membuat Mangaka Dengan Bantuan Software


Bagi kamu yang suka membaca manga ataupun menonton anime, pasti pernah memiliki niat untuk menjadi seorang mangaka, walaupun tak jarang dari kita yang menyerah dalam waktu yang singkat, dan salah satu alasannya adalah: “Menggambar Manga itu Sulit!

Memang, membuat manga bukanlah sesuatu yang mudah, bahkan untuk seorang pro seperti Eiichiro Oda pun hanya dapat tidur beberapa jam per hari karena pekerjaan yang dikerjakannya tersebut, terlebih lagi masalah yang dihadapi oleh mangaka tidak hanya pada penggambaran, masih ada beberapa problem yang sering kali membuat seorang mangaka menjadi stress, seperti: dikejar deadline, masih bingung untuk menentukan jalan cerita, ataupun manga digantikan oleh manga yang dibuat mangaka lain karena kualitas manga yang dibuat menurun. Tak jarang orang orang yang mengalami stress akan melakukan refreshing dengan cara yang justru menghancurkan karirnya, seperti meraba-raba pantat gadis sma.

draw_naruto_by_elix_manga-d32zmcc

Namun bagi mereka yang masih bersemangat untuk berjuang menjadi seorang mangaka, mereka akan terus mencoba walaupun mereka akan terus mengalami jatuh-bangun dalam pekerjaanya tersebut. Dan untuk itu Emi Ishikawa, pengarang manga shoujo horror manga Zekkyou Gakkyuu memberikan tips bagi mangaka baru dengan mengunggah sebuah video yang berisikan bagaimana cara ia membuat manga dengan bantuan Clip Studio Paint, yang merupakan software yang memiliki fungsi tak jauh berbeda dengan Paint Sai Tool.

Video yang dibagikannya ini mencangkup penentuan letak panel sampai finishing. Dia juga menggunakan bantuan Intuos Comic drawing tablet sebagai pengganti kertas dan pensil dalam video tersebut.




Tips: pasti diantara anda yang membaca artikel ini pernah menggunakan Paint Sai Tool diwaktu senggang untuk mencoba membuat sebuah manga, namun hasil yang dihasilkan tidak seperti yang anda harapkan. Saya pikir, itu karena anda hanya menggunakan keyboard-mouse saja untuk menggambar, dan itu adalah hal yang wajar. Karena pada kenyataanya, hampir semua mangaka yang menggunakan komputer/laptop untuk membuat manga menggunakan bantuan digitizer/drawing tablet, seperti yang digunakan mangaka diatas untuk mengerjakan manga yang dibuatnya.

Sumber: ANN