J-Pop Culture

Membuat Kostum Cosplay untuk Kepentingan Bisnis adalah Melanggar Hak Cipta?!

love live nico nico ni

Membuat Kostum Cosplay untuk Kepentingan Bisnis adalah Melanggar Hak Cipta?!, Cosplay adalah pelengkap kecintaan fans anime terhadap karakter favoritnya di dunia nyata, bertemu dengan seseorang yang memiliki wajah yang menyerupai waifu-nya adalah kebahagian tersendiri untuk beberapa orang tertentu. Namun bagaimana jika bercosplay dikatakan sebagai pelanggaran hak cipta? apakah ini berarti orang orang tidak dapat menyalurkan hobi mereka kembali? Tak ada salahnya anda untuk membaca artikel berikut

Sekitar satu minggu nanti, pesta perayaan Hallowen akan segera diadakan di jepang dan seluruh dunia. Jutaan orang, termasuk Jepang akan turun ke jalan dilengkapi dengan kostum mereka dan banyak dari itu akan bercosplay. Tetapi beberapa dari kegiatan ini sebenarnya bisa melawan hukum Jepang.

love live nico nico ni 2

Website Oshiete! goo, sebuah situs tanya-jawab di jepang, Yuji Okuma, seorang pengacara dengan UU Toranomon dan Kantor Paten, apakah berdandan dengan kostum yang berdasarkan karakter anime melanggar perlindungan hak cipta. Dia menjawab bahwa itu adalah sebuah pelanggaran, karena melanggar undang undang tertentu (dilindungi oleh Pasal 21 undang-undang hak cipta Jepang) dan hak adaptasi (dilindungi oleh Pasal 27).

Okuma mengaku bahwa menciptakan kostum untuk digunakan sendiri dianggap “penggunaan untuk pribadi dan swasta” dan hal itu diizinkan, tetapi membuat kostum untuk teman teman, pesanan, atau kepentingan bisnis dianggap melanggar karena tidak akan memenuhi syarat sebagai ” penggunaan untuk pribadi dan swasta.”  Dia menyarankan cosplayer untuk pertama tama harus menyelidiki asal-usul dari karakter anime yang akan dijadikan bahan cosplay, kemudian mengetahui apakah tempat dimana mereka membeli kostum apakah sudah mendapatkan izin resmi dari pihak terkait untuk memproduksi kostum.s-l1000

Walaupun dikatakan begitu, saat ini di jepang tak jarang kita dapat menemui lapak lapak yang menyediakan layanan jual-beli dan penyewaan costum cosplay.

Sumber: ANN