Fakta di Jepang

Mengenal Apa Itu “Mangaka”

Apa Itu Mangaka Beserta PekerjaannyaYosh,Mari kita membahas tentang apa itu Mangaka beserta pekerjaan yang biasa dilakukan oleh Mangaka,Mangaka sendiri berarti Manga dan -ka ,dalam bahasa inggris kita dapat menerjemahkannya dalam artian Manga Artist ,dengan kata lain seorang yang bekerja dalam membuat Manga atau Komik

Mengenal Apa itu mangaka

Di jepang sendiri sudah banyak ada mangaka ,saking banyaknya kita dapat menemui berbagai macam komik yang menarik penglihatan kita,mulai dari Manga Shoujou/Komik untuk perempuan ,Action/Laga,bahkan sampai yang berbau Ecchi sekalipun.

Pekerjaan mangaka pun bisa dibilang berat,bagaimana tidak,seorang mangaka harus mengumpulkan manganya sesuai deadline/batas waktu yang sudah ditentukan,tidak jarang mangaka harus meminum minuman yang mengandung Cafein untuk menjaga daya tahan tubuh ketika sedang begadang.

Mangaka biasanya dalam bekerja dibantu oleh beberapa asisten,asisten asisten ini memiliki tugas yang berbeda beda,mulai dari pembuatan beta,background ,dan tahapan lainnya.

 

Di Dalam pembuatan manga,ada beberapa tahapan yang dilakukan Mangaka dalam menyusun manganya ,

 

Berikut langkah langkah Mangaka dalam membuat manganya ;

  1. Tahap Sketsa,seperti namanya,pada tahapan ini akan dilakukan pembuatan sketsa wajah,rambut,beserta tubuh karakter,pada tahapan ini kita cukup membuat goresan-goresan mulai dari wajah,rambut beserta bagian tubuh karakter lainnya,kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya
    Mengenal Pekerjaan seorang mangaka
  2. Tahap Pentebalan ,pada tahapan ini kita melakukan penebalan menggunakan Pen khusus untuk menegaskan gambarnya ,setelah sketsa dikasih penebalan ,dilanjutkan dengan pembersihan sketsa dengan menggunakan penghapus untuk menghilangkan sisa sisa sketsa
  3. Tahap Beta,Pemberian efek warna hitam pada bagian bagian tertentu dengan menggunakan black ink (pulpen yang dikususkan untuk Beta,penampilannya seperti pulpen biasa,namun diameter tinta lebih besar ) Pada bagian ini kita akan memberikan efek cahaya ,biasanya beta dituliskan dengan menuliskan huruf “x” pada bagian bagian tertentu.
  4. Tahap pemberian Background ,pemberian background atau latar belakang bertujuan untuk mendukung tampilan manga,untuk membayangkan background yang cocok sangatlah sulit ,karena kita harus menyesuaikan dengan gambaran karakter mulai dari ekspresi,gaya,dan tempat yang sesuai berdasarkan hal hal tersebut.
  5. Tahap Pemasangan Screentone,tahapan ini adalah tahapan dimana kita memasang kotak chat ,dimana kita membuat tulisan tulisan percakapan antar karakter
  6. Tahap Pemasangan Effek Screentones,berbeda dengan tahapan diatas dimana kita membuat kotak chat,pada tahapan ini kita akan memasang efek background seperti efek flash,efek bunga,dan efek efek lainnya ,kita kerjakan pada tahapan ini .
  7. Finishing,Pada tahapan ini kita cukup hanya menyusun setiap halaman demi halaman agar terurut ,selanjutnya kita hanya perlu menyetorkan hasil karya kita ke editor (orang yang bertugas untuk mengecek kesalahan kesalahan manga yang dibuat oleh mangaka tu sendiri,kemudian menyuruhnya untuk memperbaikinya)

Seorang mangaka ketika membuat manga

 

Bagaimana,Apa anda sudah cukup mengenal Seorang Mangaka?

Berikut Video Mangaka Ketika Menggambar Manga:

 

Jika anda tidak keberatan, tuliskan pendapat anda terkait artikel ini

Your email address will not be published.

isipulsa web id penjualan pulsa dan kuota murah otomatis