AniManga

Otaku di Jepang Memilih Anime #1 Yang Dianimasikan Oleh Kyoto Animation, Berikut Daftarnya!

 Menurutmu, Apa Judul Anime Terbaik Yang Pernah Digarap KyoAni? Menurut Orang Jepang, Inilah Jawabannya!


Kyoto Animation atau biasa disingkat menjadi KyoAni adalah salah satu studio paling bergengsi di jepang, dikarenakan ciri khas desain karakter moe yang tertanam pada setiap anime yang pernah mereka animasikan, tak aneh pula jika studio yang telah berdiri sejak tahun 80-an ini telah menjadi studio animasi tersukses berdasarkan penjualan DVD/Blu-ray beberapa tahun belakangan.

Kyoto_Animation_logo.svg

Walaupun dikatakan sebagai studio tersukses, musim ini KyoAni telah gagal untuk merebut kembali hati para pecinta anime, alih alih ingin sukses, Musaigen no Phantom World yang merupakan project yang mereka kerjakan musim ini justru disebut sebagai anime paling membosankan dan berkesan tidak berbobot. Although, I still love kyoto animation’s artwork.

Mengesampingkan kegagalan KyoAni musim ini, sebuah polling yang dibuka di situs Portal Anime Akiba Souken yang menantang para fans anime di jepang untuk memilih anime terfavorit yang dikerjakan oleh Kyoto Animation, dan lebih dari 3000 otaku menjawab. Berikut hasil 10 besar dari polling tersebut:

10.) The Melancholy of Haruhi Suzumiya (Season 2).

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 9

Salah satu seri yang membuat nama KyoAni terkenal di tahun 2000-an adalah The Melancholy of Haruhi Suzumiya. The Melancholy of Haruhi Suzumiya adalah sebuah seri yang berkisah tentang seorang laki laki SMA NORMAL yang bertemu dengan seorang gadis bernama Suzumiya Haruhi, yang memiliki berbagai pemikiran unik dalam hal yang anti-mainstream. Untuk beberapa alasan tertentu, Haruhi disebut sebagai tuhan oleh teman satu klub-nya, Itsuki Koizumi.

Ketika seri ini masih berada dalam era keemasannya, sang heroine, Haruhi sempat dinobatkan sebagai waifu sejuta umat dan bertahan dapat bertahan selama beberapa tahun setelah anime ini premiere di jepang.

Jika anda belum sempat menonton seri ini, saya sarankan untuk menontonnya dari episode 1 sampai 14, dan silahkan lupakan musim keduanya ‘The Endless Night”, because this arc just waste of time!

09.) Nichijou.

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 8

Seperti judulnya, seri ini mengisahkan kisah kehidupan sehari hari. Walaupun disebut sebagai ‘Nichijou’, seri menampilkan kehidupan sehari hari yang mungkin berada diluar jangkauan ‘akal sehat’ anda, di anime ini kamu akan menemui kehidupan sehari hari seorang kepsek yang bertarung dengan kijang, latihan menyantet kepala sekolah, bermain igo soccer, pergi ke sekolah dengan jet pribadi, atau hidup bersama kambing.

Kehidupan sehari harinya kagak waras semua? Namanya juga anime.

08.) Free! Eternal Summer.

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 3

Musim kedua dari serial anime Free, sebuah anime bergenre sport yang berpusat pada 4 empat bersahabat yang sempat mengikuti turnamen renang sebelum kelulusan sekolah dasar, berpisah dan akhirnya bertemu kembali di masa SMA. Sebuah anime yang dipenuhi dengan banyak pria tampan dan minim fanservice.

Jika anda perempuan, mungkin anime ini dapat memenuhi gizi pria impian anda, namun di pandangan saya sebagai seorang laki laki, karena beberapa alasan tertentu, saya lebih memilih untuk menghindari anime dengan genre yang satu ini.

07.) Love, Chunibyo & Other Delusions.

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 7

Chuunibyou Demo Koi ga Shitai! adalah sebuah anime yang diadaptasi dari sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Torako, dengan ilustrasi oleh Nozomi Ousaka. Berkisah seputar Togashi Yuta yang mencoba untuk meninggalkan ‘Black History’-nya ketika semasih mengidap sindrom Chuunibyou di bangku sekolah menengah pertama, ketika menyadari berapa memalukannya dirinya pada saat itu, dia mencoba untuk berubah dan memulai kehidupan normalnya di SMA, yang kemudian bertemu dengan seorang gadis bernama Rika Takanashi yang memiliki kelainan serupa.

06.) Beyond the Boundary.

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 10

Kyoukai no Kanata adalah serial anime supernatural Jepang pada tahun 2013 yang ceritanya dibuat berdasarkan pada novel ringan karya Nagomu Torii dan diilustrasikan oleh Chise Kamoi. Kyoukai no Kanata menceritakan tentang Akihito Kanbara, seorang anak SMU yang lahir dari hubungan antara manusia dan Youmu, yang bertemu dengan seorang gadis bernama Mirai Kuriyama yang mencoba terjun dari atap.

05.) Sound! Euphonium.

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 5

Diadaptasi dari novel berjudul sama, Hibike! Euphonium bercerita tentang Kumiko Oumae yang bersama teman barunya di SMU barunya, Hazuki dan Sapphire(Midori) bergabung dalam klub orkestra brass. Disana mereka bertemu dengan teman SMP Kumiko, Reina serta seorang guru pembimbing baru yang unik.

Kurang lebih, walaupun menggunakan instrumen yang benar benar berbeda, seri ini dapat dikatakan sebagai generasi penerus K-ON sebagai anime bergenre music (dan tentunya Moe) dari KyoAni

04.) K-On!

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 4

Mengisahkan tentang seorang gadis bernama Hirasawa Yui yang dapat dikatakan airhead yang tidak memiliki suatu hal khusus untuk dilakukan, sampai akhirnya di SMA dia memutuskan untuk melakukan ‘sesuatu’ dan akhirnya berakhir di klub musik ringan atau K-On!

Bersama dengan 4 anggota klub K-On lainnya. Yui menargetkan band mereka agar dapat tampil di Budokan (Gedung aula serbaguna di pusat kota Tokyo, yang biasa digunakan sebagai tempat konser berlangsung) sejak awal mula klub dibentuk.

K-On! juga kental akan desain moe yang mendominasi keseluruhan cerita, seri ini juga akan membuat kamu tertarik dan dapat mempelajari beberapa dasar dunia musik (khususnya instrumen yang digunakan)

Bonus: Dibalik penampilannya yang tergolong kedalam gadis airhead, malas, dan terlihat tidak dapat melakukan apapun sendiri, terdapat sebuah fakta yang menyebutkan Yui beserta adiknya adalah seorang jenius, dimana dia dapat mempelajari sesuatu yang dianggap sulit dalam waktu yang singkat (tentunya jika dia menanggapinya dengan serius), hal ini terbukti ketika dia dapat nilai 100 dalam ujian dan perkembangannya dalam gitar.

03.) Free!

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 3

Summary sama dengan no.8.

02.) Clannad ~ After Story ~

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation 2

Habis Gelap Terbitlah Terang, peribahasa yang berbanding terbalik dengan Clannad (series), di musim pertamanya, anda akan menemukan berbagai tingkah konyol dari setiap karakternya, termasuk tendangan chain combo Tomoyo feat Tomoya terhadap Sunohara, roti keras Sanae, kepolosan si gadis bintang laut dan masih banyak lainnya.

Namun sekuelnya merubah segalanya dengan menjadikan anime ini sebagai pure-dorama dan perubahan cerita yang cukup drastis inilah yang dianggap cukup nendang bagi kebanyakan orang.

01.) Hyouka.

seri anime terbaik pilihan para fans anime kyoto animation

Dan yang menempati peringkat pertama dalam polling ini adalah Hyouka, kisah detektif muda sekaligus pemalas yang selalu diseret untuk menyelesaikan sebuah misteri untuk memuaskan rasa penasaran teman satu klub-nya, Chintanda Eru.

Dengan berbagai kisah misteri klasik yang cukup sulit ditebak, menjadikan para penonton penasaran dengan penyelesaian dari setiap arc. Salah satu hal yang paling saya sukai dari seri ini adalah ketika penonton dapat berpartisipasi untuk memecahkan misteri dengan hipotesis dan teori-nya masing masing, walaupun semuanya dihancurkan begitu saja oleh sang MC ketika dia mengemukakan pendapatnya.

Ketika Chitanda menyerukan “Kininarimasu!”, the story is about to begin.

Sumber: Crunchyroll