AniManga

Pemerintah Jepang Akan Melakukan Penutupan Situs Streaming & Download Anime Ilegal Secara Paksa

Situs Situs Download Anime & Film Ilegal Tercatat Membawa Kerugian Hingga 2.5 Milyar US Dollar, Atau Setara Dengan 32 Triliyun Pada tahun 2014


Pembajakan anime, film, ataupun manga saat ini menjadi hal yang sudah mainstream di masyarakat, entah itu dikarenakan ketidakmampuan membeli barang aslinya ataupun karena faktor item terkait yang memang tidak dijual/beredar di daerah daerah tertentu. Hanya dengan bermodalkan sejumlah kuota, pembajak sudah dapat menikmati film tanpa harus pergi ke bioskop di pusat kota, karena faktor inilah pirate film/anime menjadi kebiasaan favorit masyarakat di era ini.

Walaupun beberapa tahun belakangan anime & manga sudah menjadi bagian dalam Japan Culture dan pemerintah masih kalem atas banyaknya pembajakan yang terjadi, tahun ini pemerintah Jepang memutuskan akan menindak tegas setiap tindakan pembajakan.

Yomiuri, sebuah perusahaan penerbit newspaper yang beredar di Tokyo, Osaka, Fukuoka, dan kota besar lainnya di Jepang telah melaporkan bahwa kamis lalu (7/04) pemerintah Jepang telah menetapkan kebijakan untuk merevisi undang-undang hak cipta, untuk menghilangkan apa yang disebut “Pirate Site”, yang merupakan situs penyedia layanan download anime dan manga secara ilegal.

penutupan situs streaming dan download online

Pada laporan tersebut, dijelaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan langkah langkah yang jelas untuk dapat mempermudah penangkapan pemilik pirate site, menutup paksa situs mereka, dan menghapus situs mereka dari search engine, seperti Google.

Kebijakan ini ditetapkan dikarenakan karena kerugian yang terjadi sudah mencapai ambang batas. Pada tahun 2014 saja, pembajakan film, anime, broadcasting program, music, dan manga diluar Jepang diperkirakan menyebabkan kerugian yang diperkirakan mencapai ¥ 288.800.000.000, atau sekitar 32 Triliyun IDR.

streaming anime legal

Kebijakan ini memang menjadi mimpi buruk bagi kita yang biasa menikmati anime dengan cara streaming di situs situs tidak resmi, akan tetapi, walaupun kebijakan ini benar benar dapat dieksekusi dan berhasil menghapuskan pirate site, anda yang bernomisili di Indonesia masih dapat mengakalinya dengan menggunakan layanan streaming anime legal di Daisuki.net dan MyAnimeList secara gratis, walaupun anime yang tersedia sangatlah terbatas.

Anda juga dapat melakukan streaming anime di Crunchyroll secara berbayar, hanya dengan $6.95 , atau setara dengan 90 ribu IDR per bulan, anda dapat menikmati hampir 80% anime baru setiap musimnya secara legal.

Sumber: Crunchyroll