J-Pop Culture

Pria Setengah Baya Ditangkap Karena Menyebarkan Anime “One Piece” Secara Ilegal

anime one piece

Pria Setengah Baya Ditangkap Karena Menyebarkan Anime “One Piece” Secara Ilegal, Polisi Prefektur Gifu telah menangkap seorang pria kantoran berumur 45 tahun yang berasal dari kota Hashimoto, Prefektur Wakayama karena telah menyebarkan sebanyak 3 Episode Anime TV “One Piece”, kemudian kasus ini dibawa ke Jaksa Penuntut Umum Kantor kemarin, 19 Oktober.

Tersangka dituduh menggunakan program file sharing untuk meng-upload episode anime dari PC-nya ke internet tanpa izin pemegang hak cipta dan membuat file tersedia untuk ditonton oleh banyak orang pada 5 juli lalu. Hak cipta anime “One Piece” saat ini dimiliki oleh Toei Animation. Polisi menemukan kejahatan mereka selama melakukan cyber patrol. Dia telah mengakui tuduhan dan berkata, “Aku tahu itu salah, tapi banyak orang lain telah melakukan hal yang sama, saya pikir saya tidak akan pernah ditangkap.”

Tidak peduli apakah itu untuk tujuan mendapatkan keuntungan atau non-profit, posting materi berhak cipta (anime, film, TV, program, musik, halaman dari majalah sebelum dan sesudah diterbitkan) ke internet tanpa hak cipta izin pemegang adalah ilegal di Jepang. Tindak pidana dapat menghasilkan 10 tahun penjara atau denda 10
juta yen (sekitar US $ 86.700) dalam kasus terburuk.

Menakutkan bukan? Walaupun begitu, bukan berarti kita tidak dapat menonton anime yang diproduksi oleh jepang, karena masih ada beberapa situs yang membeli hak tayang untuk menayangkan anime secara legal, seperti daisuki.net, niconico, ataupun MyAnimeList  yang baru baru ini menyediakan layanan streaming sejak MAL resmi berpindah tangan (dibeli) oleh :Dena

oleh dena

Di jepang sendiri, mereka biasa merekam rekaman acara TV, baik itu Drama ataupun Anime seperti ini menggunakan VCR, jadi mereka selalu dapat menonton kapan saja anime yang tidak sempat mereka tonton disaat tayangan anime di TV dimulai namun mereka sudah sibuk karena mereka telah memiliki rekaman dari Anime tersebut.

Sumber: Crunchyroll