AniManga

Salah Paham, “Sword Art Online: The Beginning” Bukan Game Ataupun Project Dunia Virtual

Memang Dirasa Sangat Disayangkan, Sword Art Online: The Beginning Bukanlah Sebuah Game Ataupun Project Dunia Virtual


Sungguh sangat disayangkan, berita yang sempat tersebar di seluruh belahan dunia terkait dibuatnya dunia virtual yang melibatkan IBM sebagai developer-nya hanyalah sebuah kesalahpahaman antara pengumuman yang dibuat dengan penerjemah situs luar, yang juga menjadi sumber dari artikel yang kami buat beberapa waktu yang lalu.

Beberapa waktu yang lalu, sebuah artikel yang dipublikasikan di ratusan, atau mungkin ribuan situs yang memberitakan Sword Art Online: The Beginning adalah game virtual reality MMO yang berada dalam tahap pengembangan, yang disponsori oleh IBM Watson, dan 208 orang beruntung yang dipilih untuk berpartisipasi dalam sebuah acara di Tokyo pada Maret akan dapat menjadi orang yang beruntung untuk menjadi ‘Alpha TesterPada kenyataanya, ini sama sekali bukanlah sebuah game!

sword art online the beginning 2

Jadi, apa maksud dari kabar dibuatnya dunia VR MMO sebelumnya? Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata Sword Art Online: The Beginning tidak lebih dari kampanye VR MMO berdurasi 20 Menit. Ini adalah kampanye pemasaran yang dilakukan IBM Watson dan serial Sword Art Online, baik anime, manga, ataupun film

Video Promosi Sword Art Online: The Beginning durasi 2 menit yang sebelumnya sempat menggemparkan netizen ternyata merupakan bagian dari kampanye.


Seperti yang dilansir situs roadtovr, berikut isi percakapan antara jurnalis situs tersebut dengan Shun Kubota, kepala editor dari Mogura VR, yang merupakan pengemuka publikasi virtual reality di jepang.

Dia (Shun Kubota) menegaskan bahwa konsep marketing dibalik Sword Art Online: The Beginning adalah untuk menunjukkan “apa yang akan terjadi jika misalkan IBM mengembangkan teknologi gaming di masa depan

“Jadi, ini bukan pengembangan game yang sebenarnya? itu hanya teknik pemasaran untuk memamerkan VR, IBM Watson, dan Sword Art Online?” Tanya jurnalis roadtovr.com. “Tepat,” jawab Kubota.

Ketika jurnalis roadtvr tidak dapat mengkonfirmasikan langung dengan orang yang terlibat dengan project ini, pencarian lebih lanjut terkait kabar ini dilanjutkan oleh theverge. TheVerge dapat melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan mampu berbicara langsung dengan juru bicara dari IBM yang semakin menegaskan bahwa Sword Art Online: The Beginning adalah kampanye pemasaran pendek dan bukan pengembangan VR MMO yang sesungguhnya.

Jadi apa yang didapatkan oleh 208 orang yang terpilih ketika mereka melihat “Alpha ‘? Mereka akan melihat kampanye pemasaran durasi 20 menit yang sudah finished (bukan’alpha’).

Kampanye ini dapat berupa presentasi video atau pameran yang digelar di Tokyo

Jadi intinya (bagi anda yang malas membaca tulisan diatas), Sword Art Online: The Beginning hanyalah sebuah kampanye yang dilakukan oleh IBM dan Sword Art Online untuk mempromosikan bagaimana jika misalkan perusahaan sebesar dan secanggih IBM menjadi pengembang teknologi game di masa depan.

sword art online

Virtual Reality? This’s not Real! At least for now.

Merasa kecewa? saya juga! Namun sepertinya VR MMO memang  terlalu dini untuk teknologi saat ini. 

Sumber: Roadtovr.com & The Verge