AniManga

Saling Beradu Spekulasi, Kini Wujud Nyata Dari VR MMO “Sword Art Online: The Beginnng” Muncul!

3 Situs Luar Sebelumnya Saling Beradu Spekulasi Terhadap VR MMO Sword Art Online: The Beginning. Situs Mana Yang Memiliki Informasi Ter-akurat?


Anda bingung? Sama saya juga, sebelumnya, anda pasti pernah mendengar bahwa TheVerge beserta Roadvr sebelumnya telah menyatakan bahwa VR MMO tidak lebih dari sebuah kampanye 20 menit yang digelar IBM Watson yang katanya sama sekali bukan merupakan project MMO. Namun kabar terbaru dari project ini justru memberikan fakta yang berbanding terbalik dengan pernyataan kedua situs tersebut.

Kabar terbaru telah didatangkan oleh IBM Japan seperti yang dilansir Gematsu, yang baru saja telah memperbahui kabar dari Sword Art Online: The Beginning, dalam update ini telah membagikan sejumlah screenshoot untuk membuktikan kesungguhan mereka dalam mengerjakan project ini.

project vr mmo by IBM 2 project vr mmo by IBM 3 project vr mmo by IBM 4

Tak tanggung tanggung, sebuah versi nyata NarveGear, device penghubung yang menghubungkan player dengan dunia virtual dari seri Sword Art Online ikut dipamerkan. Perangkat ini dibuat berdasarkan Oculus Rift DK2, dilengkapi dengan perlengkapan yang mampu mendeteksi pergerakan kaki, dan menggunakan Kinect V2.

project vr mmo by IBM 5

NerveGear: Prototype

Alpha test akan berlangsung selama 2 hari dan dimulai besok, 18 Maret sampai 20 Maret 2016.

Jadi, situs yang menurut anda memberikan berita terakurat? Gematsu? TheVerge? atau RoadtoVr? Atau mungkin ketiga situs tersebut memang menunjukan apa yang sebenarnya terjadi? Jawabannya, bisa jadi.

Seperti yang anda baca pada artikel sebelumnya, jurnalis dari masing masing situs telah menanyakan sendiri kepada pihak terkait terkait apa yang sebenarnya terjadi pada project VR MMO ini, RoadVr mendapatkan informasi langsung dari pengemuka Mogura VR, sedangkan The Verge dari juru bicara IBM, rasanya terlalu beresiko untuk mereka untuk membuat sebuah berita nge-bait dan menurunkan popularitas mereka hanya untuk cari perhatian. Dari kedua informasi yang dimuat, kedua situs memiliki inti berita yang sama, yakni “project pembuatan dunia VR MMO seperti didalam Sword Art Online adalah hal yang mustahil, setidaknya di era ini“.

project vr mmo by IBM 6

Jadi, bagaimana mereka mengelak dari fakta bahwa versi nyata NerveGear telah dibuat? Berikut alasan yang cukup logis untuk menjawab pertanyaan tersebut:

Seperti yang anda tahu, NerveGear adalah sebuah perangkat didalam franchise Sword Art Online yang mampu menghubungkan alam bawah sadar penggunanya kedalam dunia virtual. Ketika pengguna Nervegear mengoperasikan perangkat, pengguna tidak akan sadarkan diri karena alam bawah sadar pengguna sedang berada didalam dunia virtual, sedangkan tubuh pengguna di dunia nyata tidak bergerak serta tidak akan merasakan apapun. Singkatnya, dalam teori anime ataupun novel, pengguna tidak perlu menggerakan bagian tubuh manapun untuk menggerakan avatar didalam game.

Lalu, apa yang membuatnya berbeda dengan NerveGear versi IBM ini?

Jika asumsi saya benar, VR MMO versi IBM ini kurang lebih adalah game seperti Ocolus Rift/Playstation VR yang kemudian menyediakan game yang serupa dengan dunia Sword Art Online didalamnya. Jadi, tidak seperti NerveGear yang membuat penggunanya tidak sadarkan diri, untuk memainkan Sword Art Online: The Beginning, player harus menggerakan tubuhnya sendiri untuk menggerakan avatar didalam game, kurang lebih konsep ini masih sama dengan game game Ocolus Rift/Playstation VR yang saat ini beredar.

project vr mmo by IBM 7

Dalam kisah fiksi-nya, pengguna Nerve Gear tidak menggerakan tubuhnya untuk menggerakan avatar

Karena sebelumnya juga IBM menyebutkan bahwa mereka juga menggunakan teknologi cloud computing untuk mengoperasikan game, kemungkinan besar bahwa “Sword Art Online: The Beginning” adalah sebuah game online yang dapat dimainkan secara multi-player.

Inti dari semua tulisan diatas adalah: Di satu sisi, IBM memang telah berhasil membuat membuat game online yang menyerupai SAO. Namun di sisi lainnya, game yang dibuat tidak bekerja dengan mekanisme seperti didalam novel ataupun animenya, dimana pengguna masih sadarkan diri dan mengharuskan pengguna bergerak untuk menggerakan avatar.

.

Setidaknya, itulah yang saya pikirkan. Jika anda memiliki pendapat lain, silahkan tuliskan di kolom komentar dan tolong hindari emosi untuk menyatakan opini anda.

Sumber:  Gematsu