AniManga

Selain Spin-off “Sword Art Online”, Inilah 3 Light Novel Dengan Judul Terpanjang Selama 1 Tahun Belakangan

Novel Dengan Judul Terpanjang? Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online – Third Squad Jam Betrayer’s Choice Berhasil Memenangkan Kategori Tersebut Dengan 57 Karakter Dalam Penulisan Katakana


Panjang tidaknya judul sebuah novel ataupun manga telah menjadi perbincangan yang tak jarang dibicarakan, selain menjadi faktor yang membuat pembaca kebingungan mengingat keseluruhan judulnya yang teramat panjang, semakin panjang judul sebuah karya juga membuat seri tersebut menjadi mudah diingat karena keunikannya tersebut. Jika anda sempat berfikir kalau Shimoneta ataupun Mondaiji adalah pemenangnya, anda salah!

CUPO, sebuah situs media Jepang akhirnya mempublikasikan hasil survey untuk menentukan light novel dengan judul terpanjang. Survey yang menghitung novel yang dirilis sejak April 2015 hingga Maret 2016 ini mengurutkan panjang judul novel jika ditulis dalam penulisan katakana.

Aturan survei ini sederhana, hitung semua karakter judul dan sub-judul sebuah light novel, nomor volume novel tidak dihitung, dan ketika versi edisi khusus dari light novel tersedia (dengan barang tambahan seperti CD drama), hanya judul dari edisi biasa yang digunakan untuk menentukan jumlah karakter keseluruhan. Berikut hasilnya:

1.) Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online – Third Squad Jam Betrayer’s Choice

light novel jepang dengan judul terpanjang

Peringkat pertama diduduki oleh sebuah spin-off light novel Sword Art Online yang ditulis oleh Keichi Sigsawa, bersama dengan Kouhaku Kuroboshi sebagai illustrator. Dalam katakana, judul novel ini ditulis dengan 57 karakter.

2. ) Yūsha ga Shuraba Sugite Sekai o Sukutteru Baai Janai Maō no Noroi de Hiroin-tachi o Dōji Kōryaku Shinakereba Narimasen

light novel jepang dengan judul terpanjang 2

Peringkat kedua diduduki oleh novel yang ditulis Ryo Iwanami, bersama dengan Munyuu sebagai illustrator. Judul novel ini ditulis dengan 47 karakter dalam bentuk katakana, hiragana dan kanji. Dalam bahasa inggris, judul diterjemahkan sebagai “Not Only Does the Hero Have to Save the World from Complete Destruction, but He Also Has to Save the Heroines from the Devil-King’s Curse At the Same Time”(Tidak Hanya Menyelamatkan Dunia dari Penghancuran Total, Disaat Bersamaan, Sang Pahlawan Juga Menyelamatkan Heroine Dari Kutukan Raja Iblis).

3.) Koko wa Isekai Konbini Daemon Eleven – Okyakusama, Kaifuku Mahō o Kakenagara no Tachiyomi wa Go Enryo Kudasai! / Sword Art Online: Gun Gale Online – Second Squad Jam

light novel jepang dengan judul terpanjang 3

Berbeda dengan kedua peringkat diatas, 2 judul light novel berbagi posisi untuk berada di peringkat ketiga.

Koko wa Isekai Konbini Daemon Eleven – Okyakusama, Kaifuku Mahō o Kakenagara no Tachiyomi wa Go Enryo Kudasai! adalah sebuah novel yang ditulis oleh Kenta Dairaku, bersama dengan Takashi Konno sebagai illustrator. Dalam bahasa inggris, judul diterjemahkan sebagai “Here is a Convenience Store, Daemon Eleven, in a Different World – Customers, Please Refrain from Casting Recovery Magic While Browsing!” (Disinilah Toko Serba Ada, Daemon Eleven, di Dunia Yang Berbeda – Customer Sekalian, Tolong Menahan Diri dari Casting Recovery Magic Disaat Sedang Browsing))

Sedangkan Sword Art Online: Gun Gale Online – Second Squad Jam memiliki penulis dan illustrator yang sama dengan novel di peringkat pertama.

light novel jepang dengan judul terpanjang 4

Jika ditulis kedalam penulisan katakana, kedua judul novel diatas memiliki 46 karakter.

Selain itu, CUPO juga mengungkapkan di tahun 2015, pada umumnya panjang judul sebuah light novel umumnya hanyalah 15 karakter.

Berbicara tentang panjang judul novel terpanjang, Shimoneta dan Mondachi yang disebut sebut sebagai seri dengan judul terpanjang hanya dibentuk oleh 36 dan 30 karakter saja dalam penulisan katakana.

Sumber: Crunchyroll