AniManga

Spekulasi: “Serial Anime TV Mayoiga Diperkirakan Akan Berakhir Dengan Ending 11:12 Dengan Another”

Di Jepang, Sedang Beredar Spekulasi Yang Menyebutkan Bahwa Mayoiga Akan Berakhir Dengan Ending Yang Mirip Dengan Another


[Artikel Ini Mengandung Spekulasi Yang Mungkin Saja Akan Benar Benar Terjadi, Jika Anda Tidak Menyukai Hal Hal Berbau Spoiler, Silahkan Pertimbangkan Untuk Melanjutkan Membaca Atau Tidak]


Mayoiga, atau jika diterjemahkan dalam bahasa inggris menjadi The Lost Village adalah sebuah anime orisinil yang memulai debut-nya pada 1 April lalu di Jepang. Anime yang diproduksi oleh studio Diomedea ini menceritakan tentang 30 orang yang melakukan sebuah perjalanan ke sebuah desa bernama Nanakimura untuk meninggalkan kehidupan lama dan memulai sebuah kehidupan baru disana.

Di episode pertama, Mayoiga mencoba memberikan pengenalan karakter dengan kepribadian yang berbeda beda sekaligus menyajikan bayangan samar ‘akan dibawa ke arah mana seri ini’. Walaupun terkesan flat, jika anda teliti, ada sejumlah clue yang menunjukan sisi gelap anime, seperti ketika Mitsumine mengalami mimpi buruk, Lion menyebutkan Mitsumine sebagai burung gagak yang akan memakan temannya sendiri, dan jawaban menyimpang Mitsumine ketika ditanya salah satu jenis penyiksaan.

key visual anime mayoiga 5

Hajimari no Monogatari

Sedangkan di episode kedua, gerombolan tersebut sudah sampai di desa Nanakimura dan disinilah sejumlah kejanggalan ditemukan, mulai dari hilangnya penghuni desa, fakta bahwa desa telah ditinggalkan lebih dari setahun, kemunculan sosok misterius dan yang menjadi plot tertinggi adalah hilangnya Misaki dan Yottsun. Jika prediksi saya benar, mulai episode 3, anime akan dipenuhi dengan drama yang akan mempermainkan hati penonton serta misteri tanpa break sedikitpun. Berikut alasannya:

Tsutomu Mizushima= Mayoiga= Another

key visual anime mayoiga 6

Mungkin anda sudah menyadari, kalau Mayoiga memiliki sutradara yang sama dengan anime mystery-horror fenomenal, Another yakni Tsutomu Mizushima. Jika dilihat dari catatan kerja Tsutomu yang pernah terlibat dalam pembuatan Blood-C dan Another, beliau sudah cukup berpengalaman dan tidak segan segan melakukan apapun untuk membuat anime yang dikerjakannya memiliki impact yang besar, termasuk mengeliminasi setiap karakter, dalam artian membunuhnya.

Clue Yang Diberikan Pada Key Visual Sebelum Anime Airing

key visual anime mayoiga 4

Sudah menjadi sebuah tradisi bagi para staff produksi anime untuk membagikan key visual sebelum seri mulai airing. Key visual ini biasanya memperlihatkan sebuah penggambaran bagi para penonton untuk mempermudah pengenalan awal sebuah anime.

Dalam kasus Mayoiga, para staff terhitung membagikan key visual sebanyak 4 kali. Berikut diantaranya:

key visual anime key visual anime mayoiga 3 key visual anime mayoiga key visual anime mayoiga 2

Jika diurutkan, dapat terlihat key visual tersebut nampaknya mencoba memberikan sebuah clue yang mungkin saja akan menjadi ending seri. Mulai dari visual pertama, dimana keseluruhan karakter masih terkumpul, beralih ke visual selanjutnya, satu per satu karakter berkurang diiringi dengan bergantinya waktu, dari pagi sampai malam.

Diakhir visual, hanya Mitsumine dan Misaki. Mungkinkah hanya mereka berdua yang akan menjadi survivor hingga akhir?

Karakter Paling Mencurigakan: Misaki

mayoiga
Diantara semua karakter yang diperkenalkan, Misaki adalah gadis yang paling menarik perhatian saya. Bukan tanpa alasan, gadis yang lemah terhadap kendaraan ini nampaknya mendapatkan prioritas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan karakter lainnya, bahkan protagonist-nya sekalipun.

Jika anda tidak men-skip openingnya, anda mungkin sudah menyadari bahwa yang disorot disana bukanlah Mitsumine, melainkan Misaki. Jika dibandingkan dengan anime pada umumnya, karakter kunci selalu muncul lebih banyak daripada supporting character.

Selain itu, ketika Mitsumine menanyakan keadaan Misaki ketika turun dari bus, Misaki spontan menjawab “Akan terjadi sesuatu yang buruk”, walaupun dengan cepat ia menarik perkataannya tersebut dan mengalihkan pembicaraan ke topik yang lain. Terlebih lagi, hilangnya 2 orang (termasuk dirinya) dimulai dari gadis ini, atau mungkin hanya kebetulan?

Dari sinilah, saya menarik kesimpulan bahwa Misaki akan menjadi karakter kunci yang menggiring setiap karakter kedalam cerita yang lebih dalam.

Selain Tuhan, Staff dan Rumbut Yang Bergoyang, Nobody Knew the Ending of This Anime

Mengingat Mayoiga adalah sebuah anime orisinil, tanpa mengadaptasi cerita dari source tertentu, seperti manga, light novel, ataupun game, tak ada satupun orang yang mengetahui bagaimana alur dari anime ini, bagaimana plot, ataupun endingnya. Semua hal dapat terjadi, seperti karakter saling membunuh, memakan temannya untuk bertahan hidup (mengingat hal ini pernah disinggung di dua episode pertama) seperti halnya Grisaia no Kajitsu, ataupun terlibat dalam fenomena supranatural dimana hanya orang orang tertentu yang dapat bertahan hidup.

Ada pula teori yang menyatakan bahwa sebenarnya mereka sebenarnya sudah mati, dimana 30 orang tersebut memutuskan untuk bunuh diri untuk lari dari kehidupan lamanya dan perjalanan ke desa Nanakimura adalah cara mereka menggapai untuk peristirahatan terakhir.

Kesimpulan

Untuk saat ini, ini hanyalah sebuah spekulasi, namun mengingat seri ini baru saja memulai plot-nya, tak ada salahnya bagi anda untuk menerapkan 3-episode rule untuk melihat apakah Mayoiga tonton atau tidak. Namun dilihat dari 2 episode pertamanya, nampaknya anime ini cukup berbobot.